Web Analytics
 Pra Produksi Videografi

Pra Produksi Videografi


Menurut [119]⁠ Beberapa hal yang harus kita persiapkan dengan baik saat pra-produksi dalam pembuatan Media pembelajaran adalah :

1. Ide

Pada tahap ini, penduduk menentukan materi pembelajaran apa yang ingin disampaikan. Hal ini berkaitan dengan mata pelajaran yang pendidik ajarkan. Alangkah lebih baik menyederhanakan suatu materi pelajaran menjadi materi yang sangat sederhana. Anda juga dapat memikirkan apa-apa saja yang anda ingin tampilkan dalam video anda, serta alat dan bahan apa saja yang akan anda gunakan sebagai media ajar yang dapat meningkatkan pemahaman anak didik anda akan pelajaran yang anda sampaikan.

2. Sasaran dan Tujuan

Dalam pembuatan RPP, pendidik pasti sudah sangat memahami pentingnya sasaran dan tujuan. Di tahap ini kita menentukan kompetensi dasar apa yang kita ingin agar anak didik kita pahami melalui video kita. Untuk anak didik yang berusia sangat muda, lebih baik menetapkan sasaran yang sangat sederhana, sedangkan untuk kelas tinggi, anda dapat menetapkan dua atau tiga kompetensi yang harus dikuasai. Akan tetapi, lebih sedikit kompetensi yang diharapkan akan lebih baik.

3. Sinopsis

Sinopsis adalah setiap peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang dapat disimpulkan ke dalam bentuk ringkas yang padat dan jelas. Pada sinopsis terjadi pemendekan cerita tanpa menghilangkan unsur–unsur pentingnya. Untuk itu, diperlukan sebuah sinopsis, agar dalam pembuatan presentasi video memiliki alur cerita. Sehingga dapat mempermudah dalam proses pembuatan naskah selanjutnya.

4. Naskah

Naskah adalah suatu teks yang berisi aturan, alur cerita di dalam suatu dialog (Penulisan sebuah naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah disepakati). Naskah dalam pembuatan video proses kali ini dibuat agar pendidik memahami detail dari presentasi yang akan disampaikan.

5. Storyboard.

Storyboard merupakan visualisasi ide dari video yang akan dibuat, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene atau frame.


Lanjut Part : 1
Jam : 09:26:03
Durasi Part : 0:0:1
Durasi Total : 0:0:1

Punya Pertanyaan , Silahkan Whatsapp Langsung
Muhammad Ullil Fahri
WA : 089696380422
Tautan WA : https://wa.me/message/SG4YA2XQP5FPE1
Theme Customizer

Theme Styles