Web Analytics
 Pengenalan Ubuntu

Pengenalan Ubuntu


Menurut [1]⁠ Ubuntu (diucapkan "oo-boon-too") adalah salah satu sistem operasi Linux desktop yang paling populer. Istilah Ubuntu berasal dari Afrika Selatan dan secara kasar diterjemahkan menjadi "kemanusiaan terhadap orang lain." Nama tersebut mengacu pada komitmen proyek Ubuntu terhadap prinsip-prinsip pengembangan perangkat lunak sumber terbuka. Ini gratis untuk dipasang dan bebas untuk dimodifikasi, meskipun sumbangan untuk proyek dipersilakan.

Menurut [2]⁠ kelebihan Ubuntuk adalah :

1. Gratis dan open-source

Salah satu alasan mengapa sistem operasi ini populer adalah karena gratis dan open-source. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendownload, menginstall, dan menggunakannya. Anda tinggal download dari website resmi Cannonical. Selain itu software-software yang tersedia juga gratis.

Tidak hanya gratis, Ubuntu juga open-source. Anda bisa menemukan banyak source code-nya di luar sana. Ini juga berarti siapa saja bisa melakukan perubahan yang lebih baik untuk sebuah software.

2. Mudah digunakan

Kebanyak pengguna komputer mengatakan bahwa sistem berbasis Linux agak sulit untuk digunakan dan lebih cocok digunakan oleh developer.

Tetapi Ubuntu adalah salah satu sistem berbasis Linux yang mudah digunakan dan user-friendly. Siapapun bisa menggunakannya dan semua orang dengan kemampuan komputer bisa melakukan pengaturan sistem.

Canonical sendiri terus mengembangkannya agar memberikan user interface yang mudah dinavigasi dan meningkatkan user experience. Malah, ada juga yang bilang bahwa Ubuntu lebih mudah digunakan jika dibanding Windows.

3. Aman untuk digunakan

Memang kita tidak bisa mengatakan bahwa ada sistem operasi di luar sana yang 100% bebas dari virus. Tetapi Ubuntu bisa dibilang sebagai salah satu sistem operasi yang aman. Dengan built-in Firewall dan proteksi virus yang kuat, Anda bahkan sudah tidak perlu lagi memasang antivirus.

4. Support yang kuat

Di luar sana ada banyak support komunitas yang bisa Anda manfaatkan kalau Anda memiliki pertanyaan tentang Ubuntu. Untuk mendapatkan support gratis, Anda bisa mengunjungi As Ubuntu, LinuxQuestions, dan website resmi Linux.

5. Mudah dikustomisasi

Ubuntu sangat mudah dikustomisasi. Ada banyak lingkungan desktop alternatif yang bisa Anda gunakan. Anda bahkan bisa mengaturnya agar terlihat seperti Windows atau sistem operasi lain yang Anda inginkan.

6. Anda bisa melakukan banyak hal

Dengan sistem operasi ini, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari mengedit dokumen, bekerja dengan foto dan video, dan masih banyak lagi.


Lanjut Part : 1
Jam : 22:21:53
Durasi Part : 0:0:1
Durasi Total : 0:0:1

Punya Pertanyaan , Silahkan Whatsapp Langsung
Muhammad Ullil Fahri
WA : 089696380422
Tautan WA : https://wa.me/message/SG4YA2XQP5FPE1
Theme Customizer

Theme Styles