Web Analytics
 Jenis Pembelajaran Kolaboratif Daring

Jenis Pembelajaran Kolaboratif Daring


Menurut [22]⁠ Dalam konsep kolaborasi digital dibagi ke dalam dua bentuk yaitu kolaborasi sesuai dengan cara pembentukannya dan kolaborasi berdasarkan metode atau perangkat. Adapun kolaborasi berdasarkan cara pembentukannya, antara lain :

1. Kolaborasi Dalam Tim

Ini adalah kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja, setiap anggota tim memiliki tugas, batas waktu, dan tujuan yang ditentukan dengan jelas. Contoh : Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4 anak dan melaksanakan tugas menyusun sebuah makalah. Untuk menyelesaikannya maka tim harus membagi tugas pada setiap anggota tim.

2. Kolaborasi Dalam Komunitas

Ini adalah kolaborasi yang dibentuk dalam sebuah komunitas. Jenis kolaborasi ini biasanya untuk mengembangkan komunitas sesuai dengan minat yang sama. Tujuannya, untuk berbagi informasi dan pengetahuan antar anggota komunitas, bukan untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu.

3. Kolaborasi Dalam Jaringan

Ini adalah kolaborasi yang menghubungkan antar satu industri dengan unsur lain berdasarkan dengan hubungan industri yang sama atau industri yang saling berkaitan. Kolaborasi ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya disekolah, kampus, ataupun kantor dengan menggunakan jaringan yang telah ada misalnya dengan internet.


Lanjut Part : 1
Jam : 05:14:26
Durasi Part : 0:0:1
Durasi Total : 0:0:1

Punya Pertanyaan , Silahkan Whatsapp Langsung
Muhammad Ullil Fahri
WA : 089696380422
Tautan WA : https://wa.me/message/SG4YA2XQP5FPE1
Theme Customizer

Theme Styles