Web Analytics
 LibreOffice

LibreOffice


Pengembang : The Document Foundation

Rilis Perdana : 25 Januari 2011

Sistem Operasi : Windows, Linux, OS X, FreeBSD

Jenis : Paket aplikasi perkantoran

Situs Web : http://www.libreoffice.org/


 

Menurut [9]⁠ Komponen libreoffice :

1. Writer (word processor)

Writer (penulis) merupakan sebuah alat dari LibreOffice yang berfungsi sebagai pengolah kata. Dengan layanan ini pengguna dapat membuat surat, buku, laporan, brosur dan dokumen lainnya. Selain itu, pengguna dapat menyisipkan grafik dan objek dari komponen lain ke dalam dokumen Writer. Kemudian pengguna dapat mengekspor file ke PDF, HTML, XHTML, XML, dan beberapa versi file Microsoft Word.

2. Clac (spreadsheet)

Clac merupakan program spreadsheet yang dapat digunakan untuk kebutuhan analisis, pembuatan bagan dan pengambilan keputusan. Terlebih di sini pengguna akan menemukan lebih dari 300 fungsi untuk operasi keuangan, statistik, dan matematika. Calc dapat diintegrasikan ke dalam dokumen LibreOffice lainnya dan juga dapat membuka, mengatur, dan menyimpannya dalam format Excel.

3. Impress (presentations)

Impress merupakan sebuah software yang dirancang untuk presentasi seperti halnya Microsoft PowerPoint. Mengingat fungsi utama dari Impress sendiri adalah untuk memperindah tampilan file sebelum di presentasikan ke publik. Lebih lanjut, Impress menyediakan beragam alat presentasi multimedia umum, seperti efek khusus, animasi, klip suara, video dan alat menggambar. Uniknya impress kompatibel dengan format file Microsoft PowerPoint dan juga dapat menyimpan pekerjaan dalam berbagai format grafik termasuk SWF (Macromedia Flash).

4. Draw (vector graphics)

Seperti namanya, dengan layanan Draw dari LibreOffice ini memungkinkan pengguna menggambar vektor yang dapat menghasilkan segala sesuatu. Misalnya seperti diagram alur, clip art hingga karya lainnya. Pengguna dapat memanfaat Draw untuk digunakan di salah satu komponen LibreOffice.

5. Math (formula editor)

Math merupakan rumus LibreOffice atau editor persamaan. Dengan komponen ini, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat persamaan kompleks yang menyertakan simbol atau karakter yang tidak tersedia dalam kumpulan font standar. Dalam hal ini sering digunakan untuk membuat rumus dalam dokumen lainnya, seperti Writer dan Impress.

6. Base (database)

Dan yang akhir adalah Base, di mana menyediakan layanan untuk menyimpan data pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Tentunya ditampilkan dengan antar muka yang sederhana, supaya mudah dimengerti. Di sini pengguna dapat membuat/mengedit formulir, laporan, tabel, serta relasi. Dalam hal ini fungsinya kurang lebih hampir sama dengan aplikasi database populer lainnya.


Lanjut Part : 1
Jam : 19:32:31
Durasi Part : 0:0:1
Durasi Total : 0:0:1

Punya Pertanyaan , Silahkan Whatsapp Langsung
Muhammad Ullil Fahri
WA : 089696380422
Tautan WA : https://wa.me/message/SG4YA2XQP5FPE1
Theme Customizer

Theme Styles