Web Analytics
 Pengaturan Kamera

Pengaturan Kamera


Menurut [102]⁠ Tips ini berlaku untuk cara menggunakan kamera Canon dan cara menggunakan kamera dari berbagai merek lain, karena pada dasarnya apa yang harus disetting tidaklah berbeda.

1. Kenali Tombol yang Ada Dalam Kamera DSLR

Ketika pertama kali menggunakan kamera DSLR, mungkin akan terasa perbedaan dibanding menggunakan kamera saku atau kamera point shoot. Kamera DSLR hadir dengan lebih banyak tombol dan fitur dibanding kamera saku.


 

Kita perlu mempelajari setiap ikon pada tombol agar kita bisa menggunakan kamera dengan lebih maksimal.

2. Mode Aperture dan Shutter

Aperture dan shutter mungkin menjadi hal yang sangat penting yang sering kita temukan dalam kamera digital. Mode Aperture dan Shutter priority membuat aperture dan shutter akan diatur secara otomatis. Mode ini tentu membuat kita bisa memotret dengan lebih mudah. Kita juga bisa memakai manual mode untuk menghadirkan setting aperture dan shutter yang lebih beragam. Namun, untuk pemula jangan terlalu menggunakan mode manual.

3. Mengenal White Balance

Salah satu masalah yang sering ditemui oleh pengguna pemula kamera DSLR ialah memotret dengan warna yang kurang sesuai. Untuk itulah kita harus mengenal dulu white balance agar kamera bisa memotret dengan warna sesuai dengan keadaan. Jangan sampai kita memotret langit biru tetapi hasil foto menjadi langit merah.

4. Mengenal Histrogram

Banyak yang menganggap histogram dalam dunia fotografi adalah hal yang rumit. Padahal komponen ini cukup penting dalam setting kamera dan aturan pakai kamera DSLR. Dengan histogram kita bisa mengetahui hasil foto lebih detail, apakah sempurna, terlalu gelap, atau terlalu terang.

5. Memahami Automatic Exposure Bracketing

Fitur ini memang jarang digunakan atau dijelajahi. Beberapa kamera menghadirkan fitur ini agar kita bisa memotret dengan sempurna meski kondisi cahaya terang.

6. Pegang Kamera dengan Benar

Sebagai seorang pemula yang biasa memegang kamera saku, tentu akan sedikit janggal bila menggunakan kamera DSLR yang rata-rata berbodi besar. Untuk itu, kita harus memahami cara memegang kamera dengan benar.

Ingat cara memegang kamera dengan stabil dan benar menjadi landasan dalam memotret yang sempurna. Salah memegang kamera bisa membuat kualitas foto kita tak sempurna.

7. Melepas Shutter

Tombol shutter dalam kamera DSLR tidaklah digunakan sembarangan. Untuk tips dasar fotografi, kita harus mempelajari teknik melepas shutter. Terkadang menekan setengah shutter bisa membuat fokus lensa.


 

Jadi perhatikan dengan benar kapan shutter harus dilepas.

8. Ketahui Cara Mengunci Focus

Teknik fotografi yang harus dipelajari seorang pemula ialah mengunci focus atau focal. Kita harus bisa menemukan focal length yang pas sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan background. Bila kita salah mengunci fokus, maka hasil foto kita akan blur.

9. Membuat Gambar Subjek yang Jelas

Sebuah foto harus bisa menampilkan subjek dengan jelas. Maka saat memotret, kita harus memperhatikan pencahayaan, aperture dan komponen lainnya. Dengan setting yang pas, bentuk subjek akan tampak jelas dan mendalam.

10. Menggunakan Flash Kamera

Bagi pengguna awam, menggunakan flash terkesan has sepele. Padahal, menggunakan flash bisa menambah kesan mendalam sebuah foto. kita bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek tampak jelas.


 

Namun, jika kita salah menggunakan flash, hasil foto kita akan tampak terlalu terang.

11. Mengenal Depth of Field

Teknik lain yang perlu kita ketahui ialah mengetahui depth of field sebuah foto. Kita bisa membuat depth of field dengan mengatur kedalaman background. Kita bisa membuat background tampak blur agar subjek semakin jelas dan menonjol.

12. Memahami Exposure

Sebagai seorang fotografer pengguna DSLR, kita harus memahami tiga komponen penting dalam exposure yakni ISO, Shutter speed dan aperture. Ingat ketiga komponen ini bekerja sama, saling melengkapi untuk menghadirkan foto yang sempurna.

13. Mencegah Image Sensor Kotor

Salah satu hal yang cukup menggangu kala memotret dengan kamera DSLR baru ialah munculnya kotoran dalam image sensor. Sebagai pencegahan, kita jangan sembarangan melepas lensa pada bodi kamera.


 

14. Cara Membersihkan Kamera DSLR

Lensa merupakan hal yang penting dalam kamera. Kita harus mencegah lensa agar tidak kotor. Jangan berganti lensa disembarang tempat, sebaiknya berhati-hati kala memotret di tempat yang berdebu. Kala membersihkan lensa, kita harus hati-hati, jangan sampai membuat lensa tergores.

15. Memahami Musuh Kamera Digital

Kamera digital merupakan perangkat elektronik. Jadi ada beberapa komponen yang cukup sensitive dalam kamera DSLR. Kita harus mengenali hal-hal yang harus dihindari kamera seperti, air, debu dan guncangan.

16. Menggunakan Rule of Thirds

Untuk menempatkan subjek, kita harus memahami rule of thirds. Jangan berpatokan meletakkan subjek berada di tengah-tengah. Kita harus bisa menempatkan subjek dengan baik.

17. Memahami Point of Interest

Sebuah gambar atau foto yang menarik haruslah memiliki point of interest. Hal ini berguna untuk membuat mata orang langsung tertuju ke foto.

18. Menggunakan Horizon

Dalam menempatkan subjek, kita juga bisa menggunakan patokan horizon. Ini akan mempermudah kita kala memotret landscape.

19. Penuhi Layarmu

Terkadang kala kita memotret, kita sering menempatkan subjek agak jauh. Sehingga foto tampak kosong dan tidak penuh. Sebaiknya, kita bisa mendekati subjek sehingga subjek bisa memenuhi layar untuk difoto. Jangan biarkan ada ruang kosong.

20. Memilih Background yang Tepat

Setting kamera dan aturan pakai kamera berikutnya ialah memilih background yang tepat. Bila kita memotret subjek yang bagus, namun tidak didukung background yang pas, tentu saja menghasilkan foto yang kurang sempurna.

21. Memotret Secara Random

Satu teknik bagi pengguna DSLR pemula ialah memotret secara random. Kita bisa memotret secara acak dan menemukan improvisasi dan kreativitas yang baru.


Lanjut Part : 1
Jam : 22:12:28
Durasi Part : 0:0:1
Durasi Total : 0:0:1

Punya Pertanyaan , Silahkan Whatsapp Langsung
Muhammad Ullil Fahri
WA : 089696380422
Tautan WA : https://wa.me/message/SG4YA2XQP5FPE1
Theme Customizer

Theme Styles