Web Analytics
 Fungsi computational thinking

Fungsi computational thinking


Menurut [43]⁠ Untuk mengembangkan kemampuan computational thinking, ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu jalankan ketika menghadapi masalah menurut Towards Data Science.

1. Spesifikasi masalah

Ketika menghadapi masalah, mulailah dengan menganalisisnya, menjabarkan dengan tepat, dan menetapkan kriteria solusinya.

Pendekatan computational thinking untuk suatu solusi sering kali dimulai dengan memecah masalah kompleks menjadi sub-masalah yang lebih mudah dikelola.

Kamu juga bisa menggunakan pendekatan abstraksi dan pengenalan pola. Biasanya, teknik ini digunakan dalam membuat model dan simulasi.

2. Pemikiran yang sistematis

Setelah mengelompokkan masalah sesuai spesifikasi, selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika menggunakan computational thinking adalah menemukan “algoritme”.

Algoritme yang dimaksud adalah urutan langkah yang tepat untuk memecahkan masalah menggunakan representasi data yang sesuai.

Proses ini menggunakan pemikiran induktif dan diperlukan untuk mentransfer masalah tertentu ke kelas yang lebih besar dari masalah serupa.

Langkah ini terkadang juga disebut pemikiran algoritmis. Kamu selanjutnya dapat memecahnya menjadi pendekatan imperatif, seperti prosedural atau modular, dan deklaratif, seperti fungsional, untuk solusi algoritmis.

3. Implementasi solusi dan evaluasi

Langkah terakhir, buatlah solusi aktual dan lakukan evaluasi secara sistematis untuk menentukan kebenaran dan efisiensinya.

Langkah ini juga melihat apakah solusi dapat digeneralisasikan melalui otomatisasi atau perluasan ke jenis masalah lain.

Secara sederhana, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk menerapkan computational thinking.

  1. Amati beberapa aspek dari masalah yang dihadapi.

  2. Gunakan pengamatan tersebut untuk menginformasikan beberapa hipotesis tentangnya.

  3. Buat beberapa prediksi menggunakan hipotesis itu.

  4. Uji prediksi melalui eksperimen dan modifikasi hipotesis yang sesuai.

  5. Ulangi langkah 3 dan 4 hingga hipotesis tidak lagi memerlukan modifikasi

Kemampuan computational thinking dapat memudahkanmu untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Namun, kemampuan ini bukanlah satu-satunya skills yang dibutuhkan di dunia kerja.


Lanjut Part : 1
Jam : 21:56:04
Durasi Part : 0:0:1
Durasi Total : 0:0:1

Punya Pertanyaan , Silahkan Whatsapp Langsung
Muhammad Ullil Fahri
WA : 089696380422
Tautan WA : https://wa.me/message/SG4YA2XQP5FPE1
Theme Customizer

Theme Styles